Service TV Polytron 21 inch Protek

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tak kuasa menahan sedih melihat tv Polytron Uslim 21 inch tergeletak di lantai sendirian. Sendirian karena yang lain belum datang alias lagi SEPI.....he ...he...he...

Saya angkat tv lalu di taruh di meja kerja, ambil steker lalu tancap di stop kontak, tekan tombol power. Tv bisa hidup sebentar lalu mati standby lampu led merah menyala. Terus aku tekan berkali-kali tombol CH+ sampai 10 kali, akhirnya tampaklah garis horisontal warna biru tipis walaupun hanya sesaat, dan lagi-lagi tv standby. Saya termenung sesaat, sambil mengait puntung rokok yang tinggal 2 Cm dan keluarlah asap dari monyongku Was wus.
Image result for Polytron Uslim 21 inch
Dalam hati berteka-teki, fellingku mengarah pada dibagian Vertikal yang terganggu. Sambil menghisap asap roko, aku ambil dril ples panjang utk membuka tutup pintu tv belakang. Terbukalah lebar-lebar tv, Seperti kebiasaanku terlebih dahulu saya melakukan resolider, karena biasanya tv yang berumur di atas 3 tahun solderan sudah retak-retak, dan maklum to bila mulai ada gangguan?, biasanya di area Vertikal yang terganggu lebih dulu.
Aku rasa sudah cukup solder ulangnya, Baik di bagian ic HBT dan ic vertikal, Waduh gak sadar api roko sudah mulai bikin panas jari-jariku, pertanda puntung roko harus di buang. Saatnya sekarang aku TES untuk melihat hasil dari solder ulang tadi, namun hasilnya sayang belum ada, tv masih start sesaat lalu standby, aduh mana Roko habis. Okelah pergi ke warung dulu yang kebetulan sangat dekat dengan GUBUG saya, roko sudah saya dapatkan, walaupun sama pemilik warung di catat atau dibukukan alias Bon, dengan harapan tv jadi bon lunas.

Nah sekarang KEMBALI KE LEPTOP........
Cek elko C402 1u/50v dan C401 10u/50v, masih good. Untuk menghindari salah felling elco C402 & C401 cabut lalu aku ganti dengan yang baru, C402 1u/50v aku ganti dengan 2,2u/50v dengan itungan bisa bertahan lama karena biasanya penyebab tv protek ada pada elko 1u/50v yang memang sering cepat kering atau elko 10u/50v short, komponen ini sepertinya menanggung DERITA yang cukup berat. C402 berperan untuk kopel tegangan yang di ambil dari elko 100u/35v sedangkan C401 berperan arus dari D402 agar menjadi rata, tapi dalam kasus ini ternyata berbeda walau gejala penyakitnya sama yaitu "protec".

Setelah Elko elko yang dicurigai sudah selesai di ganti, sekarang mulailah uji coba, namun sayang keadaan tv tetap seperti semula yaitu PROTEK. Dan sekarang sudah tidak ada suara dari fbt (cret...crets....crets..) lampu HEATER kelihatan nyala sesaat.

Sistem protek pada tv Polytron yang memakai ic tunggal HBT pada umumnya terganggu bagian rangkaian vertikal, ini menurut para Master-master Tuser tv di Mbah Gogel. Maka saya tidak mencoba blok selain blok vertikal, Pin 63 ic HBT-00-04G adalah jurusan titik protek. Maka setelah di nyalakan lagi mulai lah melakukan pengukuran dari titik protek yang terindikasi 0 volt padahal sempat keluar tegangan dari C402 sekitar -8v tapi kenapa tidak sampai ke pin 63 ?

Ternyata eh ternyata dari hasil pengukuran secara induksi pada jalur protek antara pin 63 ke C402 sudah putus! Selidik punya selidik ternyata D402 smd (dioda tempel yang kecil) PECAH, jadi gak pake lama buang dioda smd ganti dengan IN4148, yang fungsinya adalah sebagai penyearah tegangan -8v dari C402 dan mengubahnya menjadi +5v sesudah melewati dioda IN4148 yang nantinya di teruskan ke pin - 63 untuk jadi kontrol kerja blok Vertical.

Tancap STEKERnya tv, lalu keluarlah layar biru dengan display logo POLYTRON di layar, lalu tancap kabel pin video dan tanpa di duga ada gambar pertandingan Sepak Bola yang sangat saya gemari, kebetulan yang sedang bermain antara klub favorit di Liga Inggris dan liga Prancis, yaitu antara Mancester City dengan PSG yang di tayangkan oleh stasion tv asal Thailand.
Demikian cerita yang singkat ini, semoga ada manfaatnya.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip