Mengenal Bagian-bagian TV LCD

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Belajar service TV LCD kita mulai dengan mengenal tiap bagian yang terdapat pada tv LCD, jadi kita harus benar tau dulu sebelum melangkah ke tahap pembedahan dan mencari sumber penyebab kerusakan, disini kita akan bahas lagi belajar service tv LCD dengan mengenal bagian-bagianya.
Image result for TV LCD
1. Fon Panel Display

Bagian font panel display pada tv LCD tentunya berbeda dengan tv CRT, yang merupakan flat panelnya dan yang umum digunakan saat ini berjenis TFT LCD, dalam blok panel display tersebut terdapat backlight yaitu sebagai penghasil cahaya putih pada seluruh permukaan Layar LCD, Diffuser yang fungsinya adalah sebagai filler backlight. Cara kerja font panel display kurang pada saat LCD mendapatkan tegangan, maka dari itu molekul-molekul kristal bakal tersusun menjadi horizontal sehingga akan mejadikan cahaya backlight bisa tembus ke bagian depan papan layar LCD, bahan molekul kristal tersebut yang mempunyai sifat antara padat dan cair.


2. Bagian Power Supply dan Inverter

Memang pemakaian daya pada tentunya dibutuhkan cukup besar untuk pengoprasian seluruh bagian mesin yang terdapat didalamnya, dan dibutuhkan sebuah Power board yang harus benar-benar stabil, yang tidak mudah terkena interferensi dari perangkat yang lain, maka dari itu kita lihat juga banyak juga firter yang dipakai, ciri-ciri bagian ini adalah terdapat trafo besar, juga disertai adanya elko yang besar juga, bagian ini berfungsi sebagai supply utama tegangan.

Kemudian inverter adalah rangkaian yang berfungsi mengatur tegangan, disana juga terdapat penaikan tegangan dari kecil menjadi besar, dan rangkaian ini terdapat kabel yang akan masuk untuk mengontrol rangkaian gambar pada tv LCD.

3. Bagian Main Board

Pada bagian ini adalah pusat untuk memproses semua sinyal, seperti dari video ataupun audio yang ditangkap oleh tuner atau dari inputan lainya, pada modul tersebut terdapat tuner anatog to digital converter. Mikrocontrol yang menentukan input mana yang dipakai sebagai fungsi tv lainya. Pada tv LCD terdapat proses untuk mengkonversi sinyal analog video menjadi bentuk digital maka dari itu adanya banyak transistor pixel yang dikontrol modul T-con.

4. Panel belakang

Pada bagian ini adalah yang fungsinya sebagai input output misalnya DVG, VGA, USB dan lainya, juga terdapat seperti output untuk speaker dll.

5. TCON

Ada banyak pixel atau elemen LCD dan mempunyai transistor untuk dapat menyalakan atau mematikan pixel tersebut, pada ba4gian T-con satu kesatuan dengan Panel display LCD. Backlight inverter, penyalaan pixel tersebut di control oleh sebuah modul T-con (FRC) board, jadi modul tersebut yang menentukan transistor mana yang aktif dan tidak aktif. Dalam modul T-con tersedia sebuah konektor yang mempunyai banyak pin untuk dihubungkan ke mainboard, biasanya modul ini akan ditutupi oleh alumunium agar terhindar dari interferensi /gangguan dari luar.

6. Bagian switch program

Pada bagian ini berfungsi untuk melakukan kontrol fungsi pada tv LCD, antara lain memilih channel, volume suara dan menu lain.

Itulah catatan kali ini pada bahasan belajar service tv LCD, masih tentang mengenal bagian-bagian pada tv LCD juga, dan untuk pengenalan lebih jauh dan jelas serta tahapan selanjutnya akan diurai pada tulisan yang lain, maaf jika tulisan ini sangat simple dan tidak diperjelas, sebab kutipan dari postingan rekan blog yang begitu adanya.





ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip