Kerusakan TV Sharp Batique Slim 21 inch

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Catatan kerusakan tv SHARP Batique Slim 21 inch dengan gejala gambar terlihat menipis dan agak gelap, jadi layar dominan berkabut tidak timbul contrass, jika VR Screen dinaikan gambar tetap saja tipis berkabut malah jadi timbul garis buku di layar.

Penelusuran pertama yaitu cek tegangan pada RGB di bagian matrix RGB, pengukuran dimulai dari RGB out R = 1,8v, G= 1,6v B= 1,8v, dan diukur juga pada RGB katoda didapati KR = 187v, KG = 178v dan KB = 178v.

Dengan hasil pengukuran diatas dinilai termasuk normal pada bagian tegangan RGB, kemudian lanjut pada pengukuran tegangan bagian screen dan terukur 290v, masih termasuk normal juga. Kemudian beralih pada bagian FBT langsung pada pin 10 yaitu jalur ABL, dijalur tersebut ternyata semua 0v.
Related image


Kemudian tv dimatikan dulu sambil mengabsen satu persatu semua part yang terhubung dengan jalur ABL, dan tapi setelah di cek semua sehat-sehat saja. Dan ahirnya coba urut kembali jalur dibagian ABL terutama dari sumber tegangan supply ABL, sebab biasanya di supply dari teg B+125 atau tegangan video 185v. Dan memang ternyata tegangan supply diambil dari teg video 185v menggunakan Resistor R100k, kemudian diukur komponen tersebut ternyata dalam keadaan sudah rusak Putus, posisi R tersebut berada pas disamping pendingin ic vertical yaitu R605 = 100k.

Setelah melakukan pergantian pemain pada resistor tersebut ahirnya gambar kembali cling dan normal, garapan tv Sharp Batique Slim 21 inch itu pun sudah beres dengan sempurna, yaitu kerusakan pada bagian ABL ada resistor yang rusak.






ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Like Me: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
    DAFTAR ARTIKEL HOBBY PUSING

    PROMO PRODUK !!


    Visit andre metro at Ping.sg

    Arsip